System Operasi (OS) Karya Anak Indonesia

System Operasi (OS) Karya Anak Indonesia

System Operasi (OS) Karya Anak Indonesia | Selamat siang bagi para sobat pengunjung Ainur Share™, dikesempatan kali ini saya mencoba akan membahas sedikit ulasan tentang System Operasi (OS) Karya Anak Indonesia. Mungkin bagi sebagian kalangan masih belum mengetahui dan bertanya tanya (Apa ada System Operasi OS buatan indonesia?) jawabannya Ya Ada dan mungkin dikalangan lain sudah banyak yang tahu tentang System Operasi (OS) Karya Anak Indonesia.
Apakah OS yang sobat gunakan sekarang ?, pasti hampir semua jawaban mengarah pada satu OS yaitu Windows. Memang hampir seluruh pengguna komputer di Indonesia menggunakan OS yang berlogo jendela ini, tapi sayangnya banyak yang menggunakan OS ini secara ilegal. Ternyata bangsa kita juga punya OS asli buatan sendiri, kalau ada yang gratis, mudah, halal dan asli Indonesia, kenapa menggunakan OS buatan luar yang berbayar apalagi ilegal, kan haram jadinya. (Hehe admin sok padahal OS sendiri aja masih pakek yang Ilegal).
Berikut ini adalah System Operasi (OS) karya indonesia.
  1. OS Garuda
    Image By Google
     adalah sistem operasi berbasis Open Source kreasi dari pengembang lokal. Garuda OS menggunakan desktop modern yang menawan dan sangat mudah dipergunakan, bahkan oleh para pengguna yang sudah terbiasa dengan Windows. OS karya anak bangsa ini mendukung penggunaan dokumen format SNI (Standar Nasional Indonesia). Garuda OS juga sangat aman dari gangguan virus komputer, stabilitasnya tinggi, disertai dukungan bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan banyak program dari berbagai macam kategori. Tampaknya sistem operasi Garuda memang sudah layak untuk diandalkan dan memenuhi standar sebagai OS komputer. Meskipun sistem operasi Garuda buatan dari pengembang asal Indonesia, namun tampaknya sangat terlihat jelas bahwa OS ini merupakan perombakan atau modifikasi dari Linux.
  2. OS BlankOn
    Image By Google
     adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Linux BlankOn dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan. Linux BlankOn merupakan bagian dari gerakan Proyek BlankOn yang memiliki cakupan yang lebih luas lagi. Gerakan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia dalam konteks perangkat lunak bebas dan terbuka.
  3. IGOS Nusantara (IGN)
    Image By Google
     adalah distro open source yang dikembangkan sejak tahun 2006 sampai saat ini. IGN dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika LIPI dan dibantu oleh pengembang/kontributor dari komunitas open source di Indonesia. Sejak awal kemunculan, beragam penilaian positif untuk IGN telah diberikan oleh beragam media dan institusi. Penilaian ini membuat pengembang dan kontributor semakin terpacu untuk membuat IGN semakin baik. Penilaian atau komentar positif untuk IGN sebagai “distro karya anak bangsa yang patut dibanggakan” diperoleh untuk IGOS Nusantara versi 8.0. Penilaian ini antara lain didasarkan pada :
    • Penggunaan kernel yang semakin tangguh dan handal
    • Distro yang mudah dan menarik untuk dipakai
    • Tampilan yang cantik
    • Dukungan boot untuk perangkat yang menggunakan UEFI
    • Integrasi beberapa aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari
    • Ada delapan desktop environment yang dapat dipilih/dipakai
    • Memiliki banyak aplikasi tambahan
  4. OS Kuliax
    Image By Google
     adalah salah satu distro linux buatan Indonesia yang dikhususkan untuk kebutuhan pendidikan, penelitian dan perkuliahan di perguruan tinggi. Kuliax ini dikembangkan dengan basis Debian dan tentu saja Kuliax sudah menyertakan aplikasi open source yang dibutuhkan di dunia pendidikan. Selain itu, Kuliax juga sudah menyertakan aplikasi propietary (driver/firmware). Kuliax Linux sangat cocok untuk para sobat pelajar dan mahasiswa, karena OS yang satu ini sangat mendukung keperluan sobat buat bidang itu.
Itulah ulasan singkat mengenai System Operasi (OS) Karya Anak Indonesia, semoga bisa menambah wawasan bagi kita dan dapat bermanfaat serta menambah sedikit pengetahuan bagi kita semua. Jika masih ada yang belum dipahami silahkan tanyakan dikolom komentar dan jika ada kesalahan mohon diingatkan karena setiap manusia tidak akan lepas dari yang namanya salah. Silakahkan share di media sosial jika bermanfaat dan dapat membantu kita semua.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel